Serba-serbi Nama Yesus, Logo Yesuit, Logo Paus, sampai Gereja Gesu

Serba-serbi Nama Yesus, Logo Yesuit, Logo Paus, sampai Gereja Gesu

Guys, pernah lihat logo IHS dengan salib? Tahu nggak artinya? Udah kenal Yesuit khan? Tapi kepo nggak sih kok romo dan frater pengikut Ignatius disebut Yesuit dan nama ordonya Serikat Yesus bukannya Serikat Ignatius saja?

Serikat Yesus merayakan pesta tituler Nama Yesus yang Mahakudus pada 3 Januari. Dalam kalender liturgi gereja Indonesia, nama lengkap perayaan ini ialah Hari Raya Pesta Nama Serikat Yesus. Di kalangan berbahasa Inggris, perayaan ini disebut dengan “Feast of the Most Holy Name of Jesus”.

Devosi kepada Nama Yesus berjalan naik turun selama 1500 tahun di Gereja. Devosi ini masih dipegang kuat di negara-negara tertentu – terutama di Karibia, Filipina, bagian Afrika – dan percaya tidak percaya, di militer AS. Di Eropa tampaknya devosi ini sudah ditelan zaman dan usang berdebu.

Sejarah Singkat
Pada temuan naskah abad kedua, ada singkatan IHΣΟΥΣ, yakni Bahasa Yunani untuk ‘Yesus’  dalam bentuk ΙΗΣ ( ‘IHS’). I dan H mewakili Iota dan Eta, yaitu dua huruf pertama dari nama-Nya; dan S, Sigma, huruf terakhir. (Tradisi sesudahnya mempergunakan lambang IHS untuk melambangkan bahasa Latin “Iesus Hominum Salvator”, yang artinya “Yesus Juruselamat Manusia”).St. Anselmus, Uskup Agung Canterbury abad keduabelas, menulis “Doa untuk Nama Yesus”. St. Bernardus Clairvaux, tokoh pembaruan Ordo Cistercians, menyampaikan kotbah yang terkenal tentang nama Yesus. Nama Yesus ibarat balsam yang di memiliki tiga fungsi: menyembuhkan, memelihara, dan mencerahkan.

insigne_francisci
Lambang Kepausan Paus Fransiskus, dengan monogram “IHS”

Pada abad ke-15, St. Bernardinus dari Siena memberkati kaum beriman dengan monogram ini, serta dengan menyerukan nama Yesus, dan banyak mukjizat terjadi. Mereka juga mendorong orang banyak agar menempatkan monogram ini di gerbang-gerbang kota dan di pintu-pintu masuk rumah mereka. Ada orang yang tidak senang kemudian melaporkannya ke Bapa Suci Paus Martinus V. Sesudah mendengarkan penjelasan saksama dan menyeluruh dari maksud devosi nama kudus Yesus dari Bernardus, Paus justru sepenuh hati mendukung devosi kepada Nama Kudus Yesus. Paus Martinus V pada tahun 1427 merestui penghormatan yang layak bagi Nama Yesus yang Tersuci dan minta agar dalam monogram IHS ditambahkan salib. Maka, sampai sekarang kita kerap melihat IHS dengan tanda salib (seperti pada logo Bapa Suci Paus Franiskus). Salib sering ditempatkan di atas ‘h’ atau dimasukkan ke dalam batangnya.

Meskipun logo IHS atau salib dengan IHS hampir selalu dihubungkan dengan Yesuit, baiklah kita mengingat bahwa devosi dan bentuk ini memiliki sejarah yang panjang. Kita hendak mengingat bahwa kita merupakan pendatang baru di dunia devosi Gereja universal.

darmaatmadja-julius-riyadi
“In Nomine Iesu” pada logo Kardinal Darmaatmadja

Sejak kapan dan mengapa Ignatius memakai nama Yesus bagi perkumpulan yang didirikannya? Menurut Nadal, itu terjadi sesudah visiun di La Storta di mana Ignatius bersikukuh agar Nama Kudus Yesus menjadi nama tituler Serikat Yesus, meskipun mengundang banyak gugatan dan perlawanan tokoh dan petinggi Gereja.

Saking pentingnya nama Yesus, bahkan bapak Kardinal Julius Darmaatmadja SJ menggunakannya sebagai motto episkopatnya. Yesus bagi Bapak Kardinal merupakan Allah dan Juru Selamatnya yang memampukannya menjalankan panggilan. “In Nomine Iesu” atau Dalam Nama menjadi motto tahbisan Uskupnya. Pesannya kepada kita “Jadi kalau melakukan segala sesuatu ya lakukan dalam nama Yesus.” Wah, keren abis!

Paus Yohanes Paulus II menetapkan kembali Pesta Nama Yesus yang Tersuci agar dirayakan pada tanggal 3 Januari. Di samping itu, seruan dalam iman kepada Nama Yesus yang Tersuci sebagai bagian dari doa atau karya, dan pendarasan Litani Nama Yesus yang Tersuci masih memperoleh indulgensi sebagian bagi pemulihan dosa.

Nama Kudus Yesus di Roma

jesuit-tradition-2
stempel kuno Pemimpin Umum SJ yang dipakai oleh St Ignatius dan penerusnya. Terdapat IHS di tengah stempel.

Gereja utama yang memakai nama Yesus ialah gereja induk Serikat. ‘Gesù’ (Chiesa del Gesù) adalah gereja induk Serikat Yesus di Roma, tempat mana St Ignatius dimakamkan. Ide bangunan ini dimulai sejak 1551 oleh Ignatius Loyola. Jenderal Serikat tinggal di sana hingga pembubaran Serikat 1773. Arsiteknya ialah seniman Italia terkenal, Michelangelo. Pembangunan gereja ini didanai oleh Kardinal Alessandro Farnese, cucu dari Paus Paulus III, Sri Paus yang merestui pendirian Serikat Yesus. Pembangunan gereja ini dimulai pada tanggal 26 Juni 1568 dan diberkati pada 25 November 1584. Rancangan gereja ini menjadi bentuk contoh bagi banyak gereja-gereja Yesuit yang berlangsung hingga abad ke-20, sementara inovasi-inovasinya masih dipakai hingga hari ini.

Selamat Pesta Nama Serikat Yesus!