Apa itu PROMPANG

Perjalanan untuk menjadi seorang Jesuit tidak selalu harus dari Seminari Menengah terlebih dahulu. Serikat Yesus memiliki cara lain dalam menanggapi panggilan yang mulai bertumbuh pada diri seseorang. Diyakini bahwa panggilan tidak serta-merta tumbuh begitu saja, tetapi melalui sebuah proses yang lambat laun semakin membuka diri seseorang untuk menanggapi panggilan tersebut.

Serikat Yesus memiliki sarana untuk memulai hidup menjadi Jesuit bagi mereka yang sudah masuk usia di atas usia seminaris menengah.

Dalam Serikat Yesus ada yang namanya Prompang (Promosi Panggilan). Pada Prompang seorang anggota Jesuit (nostri) bertugas memperkenalkan (mempromosikan) Serikat Yesus kepada generasi muda.

Keberadaan Prompang dilatarbelakangi oleh kebutuhan Serikat Yesus untuk melanjutkan karya perutusan, dan agar Serikat Yesus mampu berkarya terus, dibutuhkan anggota-anggota baru. Kegiatan Prompang juga dilakukan untuk memberi kesempatan kepada mereka yang merasa terpanggil untuk membaktikan dirinya kepada Tuhan, gereja dan masyarakat sebagai anggota Serikat Yesus; sebagai Imam atau Bruder.

Prompang Serikat Yesus terbuka bagi pria Katolik, belum menikah, sudah bekerja atau sedang kuliah serta sehat secara jasmani dan mental.

Tanpa tapal batas

Serikat Yesus menyadari bahwa dalam perkembangan zaman seperti sekarang, banyak tawaran hidup diberikan kepada orang-orang muda. Meskipun demikian, Serikat Yesus tetap menawarkan pilihan hidup yang lain demi Allah, Gereja dan masyarakat luas dengan menjadi seorang Imam atau Bruder.

Penawaran Promosi Panggilan Serikat Yesus memang lebih mengkhususkan kepada mereka yang sudah selesai kuliah dan/atau pernah punya pengalaman bekerja.

Beberapa syarat dalam Promosi Panggilan adalah calon masih siap menjalani masa formasi panjang, khususnya studi. Latar belakang pendidikan, apa pun pendidikannya, bisa dan dimungkinkan masuk Serikat Yesus. Perutusan Serikat Yesus tak mengenal tapal batas. Maka, apa pun jenis latar belakang pendidikan akan menjadi bekal dalam perutusan dan semakin siap menjawab kebutuhan zaman.

Lewat Prompang

Bagi mereka yang hendak menjadi seorang Jesuit melalui Promosi Panggilan, ada jenjang yang harus dijalani secara bertahap.

Para aspiran (peserta Prompang) terlebih dahulu mengikuti Retret Panggilan Imam dan Bruder Serikat Yesus. Retret biasanya berlangsung pada awal tahun (bulan Januari). Melalui retret inilah seseorang akan mulai diperkenalkan dengan Serikat Yesus. Selanjutnya, dia akan menjalani pendampingan untuk mempersiapkan diri dalam proses penerimaan dalam Serikat Yesus.

Kerap kali ditemui seseorang merasa gamang atau kurang pede dengan panggilannya. ”Apakah aku pantas masuk Serikat Yesus dan menjadi Jesuit?” Begitu pertanyaan yang sering muncul. Jawabannya, ”Tidak ada yang mustahil di hadapan Allah!”

Pendampingan dilakukan secara intensif kepada para kandidat. Lazimnya, pendampingan dilakukan selama 12 bulan. Selama 12 bulan, para aspiran wajib mengikuti rekoleksi bulanan selama 2 hari.

Dalam pendampingan Prompang, para kandidat akan mendapatkan materi-materi sebagai berikut:

  • Pengenalan Serikat Yesus
  • Pengenalan tradisi yang ada dalam Serikat Yesus
  • Pengenalan akan aturan-aturan dalam Serikat Yesus
  • Pengenalan akan spiritualitas Santo Ignatius Loyola
  • Pengenalan diri sendiri oleh para kandidat
  • Para kandidat diajak untuk menceritakan sejarah motivasi dan panggilannya
  • Diskusi serta konsultasi iman dengan para pendamping
  • Diskusi serta konsultasi panggilan dengan para pendamping

serta banyak materi lainnya.

Inti dari pendampingan ini adalah selain untuk mengenalkan secara lebih jauh mengenai Serikat Yesus kepada kandidat, juga melalui pendampingan ini, para kandidat diajak untuk mengenal diri sendiri, dan juga diajak untuk mengenal serta mengidentifikasi panggilan yang ada dalam dirinya masing-masing, serta memberikan kesempatan kepada Serikat Yesus untuk mengenal dengan lebih baik para kandidat.

Pada akhir program pendampingan, para kandidat kemudian akan menempuh proses seleksi (tes tertulis akademis, wawancara, tes kesehatan) untuk masuk ke dalam tahap pembinaan berkesinambungan dalam Serikat Yesus.

Karena keterbatasan tenaga pendamping serta lokasi pelaksanaan, maka sampai dengan saat ini, pelaksanaan Prompang Serikat Yesus baru dapat dilaksanakan di Jakarta dan Yogyakarta. Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti program pendampingan Prompang namun tidak berada di Jakarta dan Yogyakarta, dapat menghubungi kami disini.